DESKRIPSI MATA KULIAH
Semester 1 / Ganjil
Mata kuliah ini membahas hakekat membaca, strategi membaca efektif, konsep dan konvensi penulisan karangan, kalimat efektif serta merancang dan mengembangkan karangan sederhana.
Mata kuliah ini memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang konsep dan teori-teori yang terkait dengan lingkungan. Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kepekaan terhadap lingkungan dan memiliki kewaspadaan terhadap gejolak perubahan alam serta dapat menggali berbagai pengetahuan terkait kebencanaan secara teori dan praktek.
Mata kuliah ini mempelajari mengenai garis besar pendidikan anak usia dini; konsep dan teori serta model pembelajaran anak usia dini yang berkembang selama ini; sejarah nasional dan internasional pendidikan anak usia dini; problem pengembangan pendidikan anak usia dini; kebijakan dan program pendidikan anak usia dini di Indonesia. Melalui matakuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki wawasan luas dalam memandang pendidikan anak usia dini, memiliki keterampilan dasar pendidikan anak usia dini dan arah pendidikan anak usia dini Indonesia di masa depan. |
Mata kuliah ini membahas teori dan konsep pengembangan agama dan moral anak usia dini; perkembangan kesadaran agama dan moral anak; ruang lingkup pengembangan nilai-nilai keagamaan;Â model-model pembelajaran moral dan pengembangan disiplin;Â perencanaan serta strategi pengembangan agama dan moral anak usia dini. Melalui matakuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki wawasan tentang pengembangan agama dan moral, dapat meletakkan dasar-dasar pendidikan nilai agama dan moral, mampu membimbing anak usia dini agar memiliki kepribadian baik yang dilandasi dengan nilai agama dan moral. |
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan teori pengembangan sosial dan emosional AUD; lingkungan sekolah yang kodusif dalam mengembangkan kompetensi sosial; pendekatan metode dan teknik pengembangan sosial emosional anak; serta character building pada anak usia dini. Diharapkan melalui mata kuliah ini mahasiswa mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap sesama, memiliki keterampilan untuk melakukan analisis kebutuhan belajar, mampu mengembangkan play-based activity yang secara sistematis dan spesifik yang ditujukan bagi pengembangan kemampuan sosial emosional anak usia dini. |
Mahasiswa diharapkan memahami hakikat perkembangan motorik anak usia dini yang meliputi : fase-fase perkembangan motorik, tahapan dan prinsip perkembangan motorik anak usia dini  Mahasiswa mampu memahami karakteristik dan ciri perkembangan motorik anak usia dini dan pengembangan ; Mahasiswa mampu memahami jenis pengembangan kemampuan motorik anak usia dini dan mengklasifikasikan pengembangan motorik sesuai dengan kurikulum anak usia dini; Mahasiswa diharapkan pula memiliki keterampilan dalam merancang kegiatan dengan menggunakan berbagai metode atau pendekatan sesuai dengan ilmu pengetahuan dan teknologi masa kini yang tepat untuk anak usia dini; Mahasiswa dapat merancang media yang tepat dalam pengembangan motorik anak usia dini sesuai dengan ilmu pengetahuan dan teknologi masa kini; serta mahasiswa dapat melakukan penilaian dari rancangan kegiatan yang telah dilakukan bersama anak usia dini sebagai hasil evaluasi.
Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang dasar-dasar kependidikan seperti hakekat manusia dan pendidikan; landasan dan lingkungan pendidikan, sejarah dan aliran pendidikan, sistem pendidikan dan inovasi pendidikan dan diharapkan mahasiswa dapat melakukan kajian-kajian mengenai isu-isu tersebut.
Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar gejala manusia dalam bidang pendidikan dan penerapannya, yang meliputi konsep dasar psikologi pendidikan, bentuk-bentuk gejala psikis, perbedaan individu, belajar dan pembelajaran, evaluasi hasil belajar serta diagnostik kesulitan belajar. Diharapkan mahasiswa dapat menyelesaikan persoalan-persoalan yang senantiasa melekat pada subjek didik, dapat menciptakan kondisi-kondisi yang memiliki daya dorong yang besar terhadap berlangsungnya tindakan-tindakan belajar secara efektif.
Semester 2 / Genap
Mata kuliah ini membahas masalah-masalah pemahaman tentang Hamkamnas secara komprehensif dan Integral yang meliputi ; Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Politik dan strategi Hankamnas serta sisten Hamkam Rakyat Semesta (Sishankamrata)
Â
Mata kuliah ini merupakan pengetahuan dasar tentang : 1) Perkembangan penalaran manusia sampai terwujudnya metode Ilmiah. 2) Pengenalan teori-teori tentang terbentuknya jagad raya dan teori tentang awal kehidupan di bumi. 3) Pemahaman tentang prinsip ekologi serta peran manusia di dalamnya, perkembangan pengetahuan dibidang IPA dan peranannya pada perkembangan teknologi bagi kehidupan manusia. 4) Pemahaman akan tanggung jawab manusia terhadap kelestarian hidupnya.
Â
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dasar membaca, menulis memahami teks dalam bahasa Inggris bagi mahasiswa.
Â
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep psikologi perkembangan anak usia dini, pendekatan-pendekatan dalam perkembangan anak usia dini, proses perkembangan anak usia dini, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak anak usia dini, prinsip-prinsip perkembangan anak usia dini, tahap perkembangan anak usia dini, aspek-aspek perkembangan anak usia dini, teori-teori perkembangan anak usia dini dan pengembangan fisik motorik, kognitif, emosi dan sosial, bahasa, serta moral anak usia dini. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menerapkan teori psikologi perkembangan anak usia dalam membantu tumbuh kembang anak secara optimal.
Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang tata cara pembelajaran matematikakepada anak sesuai dengan tingkat perkembangan anak, dimana pembelajaran yang diberikan adalah pemahaman yang konkrit untuk memberikan pengalaman nyata kepada anak agar mereka menemukan konsep dan fakta yang nyata tentang matematika.
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan teori pengembangan kemampuan bahasa pada anak usia dini. Diharapkan melalui mata kuliah ini mahasiswa mampu mengetahui strategi, cara atau metode dalam mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia dini, dan memiliki keterampilan untuk menstimulasi pengembangan kemampuan bahasa anak dengan baik/benar, aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan untuk anak usia dini sehingga mudah untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang konsep dan teori pendidikan karakter; konsep dan pola pengembangan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran, di lembaga pendidikan dan di masyarakat. Mahasiswa diharapkan mampu mampu memahami isu terbaru tentang pendidikan karakter pada pendidikan anak usia dini serta memiliki keterampilan dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang dapat membina karakter islami anak usia dini guna menciptakan generasi yang cerdas dan berakhlakul karimah.
Mata kuliah ini membahas wawasan kurikulum dan pembelajaran secara holistic, mampu menjabarkan teori ke dalam praktik di kelas sesuai dengan ilmu pengetahuan dan teknologi masa kini, serta terampil memilih dan mengembangkan konsep kurikulum dan pengajaran dalam perencanaan dan implementasi di sekolah sesuai dengan bidang studi yang diampu.
Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang makna Filsafat, Hubungan Filsafat dengan Pendidikan, makna Filsafat Pendidikan, manfaat mempelajari Filsafat Pendidikan bagi Pendidik, Aliran-aliran Filsafat dan imlplikasinya dalam pendidikan, Aliran-aliran Filsafat Pendidikan, Filsafat Pendidikan Pancasila, dan Filsafat Pendidikan Islam
Semester 3 / Ganjil
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, pemahaman dan penghayatan kepada mahasiswa tentang pelaksanaan ajaran Islam, peningkatan keimanan, melaksanakan syariat Islam dan aspek-aspek yang berhubungan dengan hubungan makhluk dengan khalik
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar sains bagi AUD, sains dalam kehidupan sehari-hari, manfaat sains bagi perkembangan AUD tujuan pembelajaran, dan cara belajar sains untuk anak usia dini. Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami perencanaan pembelajaran sains untuk AUD, terampil membuat permainan sains dan memahami kegunaannya bagi perkembangan AUD.
Mata kuliah ini mempelajari tentang model pembelajaran (sentra, kelompok, area), mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; memahami strategi pembelajaran anak usia dini; menguasai tata cara modifikasi kurikulum sesuai kebutuhan dan kondisi lingkungan sekolah; mampu mengimplementasikan konsep. Prinsip dan teori belajar dalam kegiatan pembelajaraan anak usia dini.
Â
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep, tujuan, landasan, asumsi, karakteristik, langkah-langkah, pendekatan kurikulum PAUD, impelementasi kurikulum, evaluasi kurikulum serta konsep dasar prosedur pengembangan sistem instruksional, pembelajaran terpadu serta pengembangannya di dalam pendidikan dan pengembangan anak usia dini
Â
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang teori dan konsep Pedagogi dalam bermain. Diharapkan melalui mata kuliah ini mahasiswa memiliki pemahaman mengenai tujuan, pentingnya bermain, dan konsep teori seperti: teori komtemporari, teori bermain klasik, kategori dan jenis-jenis permainan, bahan dan permainan, strategi, metode dan aktivitas pengajaran dan pembelajaran sebagai proses perkembangan otak anak usia dini.Â
Â
Mata kuliah ini membahas tentang konsep deteksi dini tumbuh kembang anak (DDTKA) dan kebijaksanaan pemerintah dalam pelaksanaan deteksi tumbuh kembang anak. Mahasiswa diharapkan dapat mengidentifikasi fungsi DDTKA dan aspek-aspek yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Diharapkan mahasiswa mampu memahami pihak-pihak yang terkait dalam tumbuh kembang anak melalui karakteristik penilaian, dokumentasi, dan publikasi hasil tumbuh kembang anak.
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan keterampilan dalam mengkaji unsur-unsur musik sesuai dengan ilmu pengetahuan dan teknologi masa kini. Kompetensi yang akan dicapai meliputi: (a) Memahami nada-nada yang terdapat pada garis paranada; (b) Menjabarkan bentuk dan nilai not sebagai langkah awal dalam pengenalan notasi;(c) Meletakkan nada-nada pada garis paranada sesuai dengan harga notnya; (d) Mengenal susunan tangga nada mayor dan minor dalam setiap perubahannya; (d) Keterampilan mengetuk dan membaca nada-nada sesuai dengan jumlah ketukan; (e) Keterampilan membuat pola irama dan pola melodi secara sederhana dari birama 2/3, 3/4, 4/4 dan 6/8; (f) Keterampilan mentransposisi dari not angka ke not balok secara cermat dan teliti serta sebaliknya mentransposisi dari notasi balok menjadi not angka dengan baik dan benar, mengubah dan menyusun syair lagu sesuai tema bagi anak usia dini, serta (g) mengetahui dan memahami konsep dasar, prinsip teknik vocal, dan terampil dalam menyanyikan lagu anak dengan iringan alat sederhana secara perorangan maupun berkelompok sesuai dengan ilmu pengetahuan dan teknologi masa kini.
Mata kuliah ini membahas secara mendalam konsep penilaian pembelajaran khususnya dalam lingkup pendidikan anak usia dini. Materi pada mata kuliah membahas konsep-konsep teoretis dan praktis evaluasi pendidikan yang disajikan secara terintegrasi, komprehensif, dan operasional dalam konteks pembelajaran anak usia dini. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) konsep dasar penilaian pendidikan, (2) penilaian otentik dalam konteks PAUD, (3) standar perkembangan belajar PAUD, (4) konsep observasi dalam penilaian pembelajaran PAUD, (5) ragam dan pelaksanaan penilaian dalam konteks PAUD, dan (6) pelaporan penilaian pembelajaran dalam konteks PAUD. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep penilaian pembelajaran dan mampu menyusun serta mengaplikasikan berbagai instrumen penilaian pembelajaran di bidang pendidikan anak usia dini baik untuk kepentingan penelitian maupun kepentingan bekerja di masa yang akan datang. |
Semester 4 / Genap
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang teori dan konsep Perencanaan Pembelajaran PAUD. Diharapkan melalui mata kuliah ini mahasiswa memiliki kemampuan menerapkan konsep, prinsip, komponen proses pembelajaran (media, model dan evaluasi), pendekatan tematik dan saintifik bagi anak usia dini, bekerjasama dengan kelompok serta keterampilan generik dalam pendidikan anak usia dini sehingga dapat menyusun Prosta, prosem, RPPM, dan RPPH.
Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang cara-cara memperlakukan anak, mengenal sifat-sifat khususnya, memenuhi kebutuhannya, menggunakan metode-metode yang menarik dalam mendidiknya serta menumbuhkan kecintaan anak dalam belajar sesuai dengan tuntunan agama.
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan keterampilan dalam menganalisis dan membawakan berbagai teknik tari berbasis tradisi maupun modern sesuai dengan ilmu pengetahuan dan teknologi masa kini bagi anak usia dini dari berbagai daerah di Indonesia. Kompetensi yang akan dicapai meliputi: (a) memahami konsep gerak, meliputi sikap anggota badan terdiri dari sikap kepala, sikap badan, sikap tangan, sikap lengan, dan sikap kaki dan telapak kaki, dan fungsi jenis-jenis gerak kaitannya dengan tujuan dan ruang lingkup pembentuk tubuh; (b) melatih tubuh secara sistematik berdasarkan gerak dasar kepala, bahu, badan, tangan, lengan dan kaki dari dasar gerak tari di berbagai daerah di Indonesia; (c) mampu menganalisis berbagai jenis tari anak tradisi daerah nusantara berdasarkan gerak tari dengan memperhatikan fungsi, simbol dan nilai estetis berdasarkan hasil pengamatan dengan kelompok; (d) membangun keterampilan dalam menyusun dan menyajikan tari bagi anak usia dini sesuai kaidah-kaidah pengarapan tari dengan memperhatikan berbagai elemen dasar gerak tari, musik iringan, pola lantai, penggunaan property dan tema garapan tari bagi anak usia dini. mengembangkan prinsip komposisi tari anak dalam gerak sederhana. |
Â
Materi dari Mata kuliah ini memberi pemahaman kepada mahasiswatentang: Statistik dan Statistika; Statistik deskriptif dan statistika inferensial; Parameter dan Statistik; dan data statistik. Melalui mata kuliah ini melatih mahasiswa sehingga terampil menyajikan data; menentukan ukuran letak, (Median, Quartil, Desil, dan Persentil); ukuran gejala pusat, (Rata-rata, Median, dan Modus); dan ukuran penyebaran, (standar deviasi dan Variansi); mahasiswa juga dibekali sikap integritas dalam menguji hipotesis, (uji z, Uji t, Uji χ^2, uji F); Analisis Regresi; dan Korelasi. |
Â
Materi dari Mata kuliah ini memberi pemahaman kepada mahasiswa tentang jenis-jenis penelitian kualitatif, langkah-langkah dasar penelitian kualitatif, terampil mengidentifikasi permasalahan penelitian, membuat rumusan masalah. Mengkaji beberapa prinsip pengukuran, teknik pengumpulan data dan analisis data. Mengkaji beberapa rancangan eksperiental dan non eksperiental yang utama, serta langkah-langkah usulan penelitian kuantitatif
Â
Mata kuliah ini mempelajari tentang hakikat bermain; tujuan dan manfaat bermain; tahapan bermain anak usia dini (AUD); konsep permainan sesuai dengan filosofi permainan AUD; permainan tradisional dan modern AUD; jenis-jenis dan langkah-langkah bermain permainan AUD. Melalui mata kuliah ini mahasiswa dilatih untuk mengembangkan sikap ingin tahu, berfikir kreatif, kritis dan memiliki keterampilan dalam merancang, membuat dan menganalisis langkah-langkah penerapan permainan yang sesuai dan tepat dengan karakteristik anak usia dini.
Mata kuliah ini mengkaji dan menganalisis sejumlah informasi yang valid dan reliabel, komprehensif sesuai dengan ilmu pengetahuan dan teknologi masa kini serta dapat mengaplikasinya. Kompetensi yang akan dicapai berkaitan tentang: (1) Konsep dasar manajemen pendidikan, yang meliputi pengertian, tujuan, prinsip-prinsip dan ruang lingkup manajemen pendidikan, (2) Kepemimpinan pendidikan, (3) Organisasi lembaga pendidikan, (4) Manajemen Berbasis Sekolah, (5) Manajemen mutu terpadu dalam pendidikan, dan (6) Supervisi Pendidikan.
Matakuliah ini memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa agar mampu mengembangkan dan memamfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam berbagai bentuk media pembelajaran anak usia dini. Kompetensi yang akan dicapai meliputi: (a) memahami konsep, fungsi, karakteristik, prinsip, dan prosedur memilih dan memanfaatkan berbagai jenis media pembelajaran, (b) mengidentifikasi, mengkaji, dan memilih berbagai format media yang sesuai untuk mendukung 6 aspek kompetensi bagi anak usia dini; dan (c) merancang dan mengujicobakan media pembelajaran yang dihasilkan sesuai dengan ilmu pengetahuan dan teknologi masa kini dalam kegiatan permainan dan pembelajaran pada anak usia dini.
Semester 5 / Ganjil
Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk menjadi guru PAUD yang profesional yaitu guru yang mampu mengabsorbsi dan mengadopsi penomena global, bekerja atas dasar motivasi diri, disiplin diri, evaluasi diri, kesadaran diri, pengembangan diri dan berempati dan mampu melakukan kerjasama secara efektif.
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang teori dan konsep seni bercerita untuk anak usia dini. Diharapkan melalui mata kuliah ini mahasiswa memiliki keterampilan dalam penyampaian cerita edukatif, bertanggungjawab menanamkan nilai moral, karakter dan kebenaran pada materi bercerita bagi anak usia dini, bekerja sama dengan kelompok menyiapkan materi dan media perlengkapan bercerita, serta menganalisis konsep-konsep keberhasilan bercerita seperti isi cerita, pesan moral, teknik bercerita, artikulasi, intonasi, gestur dan ekspresi.
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan teori pengembangan pembelajaran bahasa asing pada anak usia dini. Diharapkan melalui mata kuliah ini mahasiswa mampu bekerja sama dan memiliki keterampilan untuk merancang pengembangan pembelajaran bahasa asing dengan baik/benar, dan mengembangkan literasi dalam berbahasa asing yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan untuk anak usia dini yang dapat diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Matakuliah ini menyajikan dan mendiskusikan beberapa konsep esensial mengenai teknologi pembelajaran dalam konteks pendidikan anak usia dini, setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan para mahasiwa memiliki pengetahuan, pemahaman dan kemampuan tentang konsep-konsep teknologi pembelajaran beserta implementasinya dalam pendidikan anak usia dini, matakuliah ini juga mengajarkan bagaimana cara menginovasi media pembelajaran dengan menggunakan IT.
Mengkaji tentang langkah-langkah dasar penelitian ilmiah, memahami proses penelitian ilmiah, dari mengidentifikasi permasalahan sampai dengan menganalisis hasil penelitian secara kuantitatif. Mengkaji beberapa prinsip pengukuran, teknik pengumpulan data dan analisis data. Mengkaji beberapa rancangan eksperiental dan non eksperiental yang utama, serta langkah-langkah usulan penelitian kuantitatif.
Mata kuliah ini membekali mahasiswa pengetahuan tentang hakikat dan prinsip-prinsip pendidikan inklusi dan pendekatan-pendekatannya. Mata kuliah ini juga membekali mahasiswa keterampilan analisis untuk merancang program pembelajaran inklusif
Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang orientasi pelaksanaan pendidikan AUD di lembaga TPA/KB/TK. Observasi di lembaga, kegiatan bermain/belajar di dalam dan di luar ruangan.
Mata kuliah ini mempelajari tentang pengembangan pembelajaran baca, tulis Al-Quran bagi anak usia dini. Melalui mata kuliah ini mahasiswa dilatih untuk mengembangkan sikap ingin tahu, berfikir kreatif, kritis dan memiliki keterampilan dalam membaca Al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid secara baik dan benar, serta mampu menghafal dan memahami baca tulis Al-Qur’an yang sesuai dan tepat dengan karakteristik anak usia dini. |
Mata kuliah pembelajaran senam untuk AUD ini membahas mengenai ontologi (Siapa anak usia dini, karakteristiknya, memahami aktivitas jasmani, dan apa yang ingin dicapai melalui pendidikan jasmani). Melalui mata kuliah ini di harapkan mahasiswa mengetahui pendidikan jasmani anak usia dini mengkaji mengenai konsep dasar pendidikan jasmani sebagai sarana mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan AUD, mengkaji karakteristik pertumbuhan dan perkembangan jasmani AUD, menyusun program aktivitas jasmani untuk AUD, mengaplikasikan aktivitas jasmani untuk AUD, serta mampu melakukan evaluasi aktivitas jasmani AUD. |
Mata kuliah wawasan kebangsaan membahas dan mendalami tentang pengetahuan dan pengalaman belajar untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang: rasa kebangsaan dan cinta tanah air, demokratis berkeadaban, menjadi warganegara yang berkepribadian Indonesia memiliki daya saing, berdisiplin dan berpartisifasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai Pancasila. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mewujudkan diri menjadi warga negara yang baik yang mampu mendukung bangsa dan negara, warga negara yang demokratis yaitu warga negara yang cerdas, berkeadaban dan dan bertanggung jawab bagi kelangsungan hidup negara Indonesia dalam mengamalkan kemampuan ilmu pengetahun, teknologi dan seni yang dimilikinya. |
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan teori berkomunikasi dengan anak usia dini. Diharapkan melalui mata kuliah ini mahasiswa mampu menguasai integrasi teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian, serta komunikasi dalam pembelajaran bagi anak usia dini.
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar anak, kovensi hak anak nasioanal dan internasional atas perlindungan dan kesejahteraan, bentuk-bentuk kekerasan terhadap anak yang terjadi dalam keluarga, sekolah, dan lingkungan. Selain itu mata kuliah ini juga mengkaji tentang lingkungan yang layak bagi anak, program layanan kesejahteraan social bagi anak, penanganan dan layanan pendampingan masalah perlindungan anak, pengembangan program intervensi terhadap penanganan dan layanan pendampingan masalah perlindungan anak di lapangan. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu memahami hak-hak anak, peraturan perundangan negara dan daerah tentang pemenuhan hak anak dan perlindungan anak, menguasai pengetahuan prosedural tentang pengembangan lingkungan pendidikan dan pembelajaran AUD yang ramah anak serta monitoring pelanggaran hak anak pada satuan PAUD, sera menerapkan pengetahuan prosedural tentang deteksi dini anak korban kekerasan di lingkungan pendidikan anak usia dini. |
Semester 6 / Genap
Memberikan pengalaman teoritis dan praktis untuk melakukan kajian-kajian ilmiah melalui pendekatan riset yang dimulai dari bagaimana mengkaji permasalahan, merumuskan permasalahan, merumuskan tujuan, kajian pustaka, pendekatan untuk menjawab permasalahan dan merumuskan kesimpulan dan saran.
Matakuliah ini mempelajari mengenai monitoring, evaluasi, pengembangan kegiatan paud, manajemen paud, memahami prinsip dan tata cara penyusunan program kegiatan untuk anak TPA, menguasai tata cara dan sumber penyusunan program pembelajaran untuk anak usia KB, menguasai tata cara dan sumber penyusunan program pembelajaran untuk anak usia TK.
Mata kuliah ini mengkaji alur siklus dalam penelitian tindakan kelas (PTK). Konsep dasar PTK, Karakteristik PTK, Tujuan PTK, Pentingnya PTK dan melatih untuk mengidentifikasi berbagai permasalahan yang timbul dalam pembelajaran baik karena kurangnya motivasi, partisifasi, pemahaman konsep, terampil mendiaknosis dan mengembangkan alternatif tindakan perbaikan. Merancang pelaksanaan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, melakukan observasi, menganalisis dan merepleksi, menyusun instrumen dan merancang strategi pembelajaran, guna memperbaiki dan meningkatkan proses dan hasil pembelajaran.
Mata kuliah ini membekali mahasiswa kemampuan analisis kebutuhan dalam mempersiapkan proyek performance atau pementasan anak dengan berbagai tema tradisi maupun modern. Kompetensi yang akan dicapai meliputi: (a) mengetahui dan memahami konsep, jenis dan bentuk tata rias dan busana tradisi dan fancy; (b) mengembangkan rancangan tata rias dan busana tari; (c) membangun keterampilan merias dan berbusana untuk dirinya sendiri dan juga orang lain; (d) mempresentasikan hasil riasan dan berbusana dalam bentuk pergelaran tata rias dan busana sesuai dengan ilmu pengetahuan dan teknologi masa kini bagi anak usia dini.
Belajar mengajar AUD untuk kegiatan TPA, KB dan TK.
Mata Kuliah Pengasuhan Anak mempelajari latar belakang pentingnya pengasuhan dalam tumbuh kembang anak; konsep, tujuan, dan strategi pengasuhan; peran keluarga dan lingkungan dalam pengasuhan anak; landasan teori pengasuhan; komunikasi dan EQ dalam pengasuhan; kelekatan emosi; gaya pengasuhan dan pola asuh; metode dan teknik pengasuhan; pengasuhan menurut ragam sosial budaya; metode pengukuran dan penilaian pengasuhan; dampak pengasuhan terhadap kualitas anak; dan analisis program pengasuhan anak, mata kuliah ini juga mengajarkan cara massage anak, body care dalam menjaga bayi. |
Mata kuliah ini mempelajari tentang upaya memberikan keselamatan dan pertolongan pertama secara cepat dan tepat kepada anak usia dini yang mengalami sakit atau cidera. Mahasiswa diharapkan mampu Meringankan penderitaan korban, seperti meringankan rasa nyeri, mencegah cedera/penyakit bertambah parah, seperti mencegah perdarahan, mempertahankan daya tahan korban dan menunjang upaya penyembuhan sebelum pertolongan yang lebih lengkap diberikan oleh dokter atau petugas kesehatan lainnya. Mata kuliah ini memberikan pengalaman belajar terhadap mahasiswa.
Membahas Hakekat dan konsep dasar kewirausahaan, Pendidikan kewirausahaan di sekolah, Hakekat dan tujuan kewirausahaan di sekolah, latar belakang dan esensi kewirausahaan, pengertian dan ciri-ciri kewirausahaan, perbedaan kewirausahaan, wirausaha, wirausahawan, model proses kewirausahaan untuk usia dini, kurikulum berorientasi pada kecakapan hidup, konsep dan strategi pendidikan kewirausahaan untuk usia dini, strategi pendidikan kewirausahaan untuk usia dini.
Matakuliah ini berisi tentang pentingnya keterlibatan orang tua dalam paud, teori-teori keterlibatan orang tua dalam paud, teori Bourdieu, Bronfenbener, Brunner, Diana Baumrind, Vygotsky dalam pengembangan keterlibatan orangtua dalam PAUD, keterlibatan orangtua dalam penyelesain konflik dan pola hubungan keluarga guru dan sekolah dalam perkembangan AUD.
Menguasai pengetahuan dasar-dasar nilai ke Islaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin dan mampu menginternalisasikan nilai-nilai fiqih dalam kehidupan sehari-hari.
Mata kuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa tentang strategi pengajaran bahasa daerah kepada anak usia dini dengan menggunakan berbagai media pembelajaran yang mencirikan budaya lokal. Mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan kepada anak usia dini tentang pentingnya menjaga identitas kedaerahan sebagai jatidiri yang melekat pada setiap orang.
Semester 7 / Ganjil
Mata kuliah ini mempelajari tentang pengembangan bakat dan kretivitas anak usia dini. Melalui mata kuliah ini mahasiswa dilatih untuk mengetahui dan mampu menstimulasi perkembangan bakat dan kreativitas melalui pengembangan sikap, rasa ingin tahu, berfikir kreatif, berfikir kritis seperti: LOTS/low order thinking skills (mengingat, memahami, mengaplikasikan) dan HOTS/High Order Thinking Skills (menganalisa, mengevaluasi, dan menciptakan) sebagai metode atau startegi dalam mengembangkan bakat dan kreativitas anak usia dini.
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar gizi untuk anak usia dini, bahan makanan, pengolahan dan pemilihan bahan makanan, kebutuhan makan sehari anak usia dini dan gizi seimbang, pencernaan dan metabolism makanan dan pendidikan gizi di lemabaga PAUD. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memahami pengetahuan tentang makanan, kebutuhan makan sehari untuk anak, praktek penyusunan menu, menganalisis kebutuhan gizi anak usia dini, serta masalah kesehatan anak berkaitan dengan gizi.
Mata Kuliah memberikan pengetahuan dan wawasan serta pemahaman terhadap pentingnya pendidikan anak dalam lingkungan keluarga dan masyarakat, fungsi peranan dan tanggungjawab keluarga dan masyarakat, bentuk-bentuk keluarga, model pola asuh orangtua, dan pendidikan seks sejak dini dalam keluarga serta peran masyarakat dalam perkembangan anak. Diharapkan mahasiswa mampu menganalisis pola asus orangtua dengan baik, serta memahami peran dan tanggung jawab masyarakat dalam pemberian didikan untuk anak.
Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa untuk merancang dan menyusun satuan pembelajaran (Tahunan, Bulanan, Mingguan dan Harian) dan media pembelajaran sebagai proses persiapan dalam melakukan kegiatan praktek mengajar di kelas.
Mata kuliah ini mengantarkan mahasiswa dalam memahami konsep-konsep yang berkenaan dengan hakikat belajar dan pembelajaran di TK/PAUD international (antar Negara), yang meliputi; kurikulum, prinsip- prinsip pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, hakikat strategi pembelajaran, berbagai strategi dan metode pembelajaran yang digunakan di TK/PAUD pada umumnya, serta bagaimana penerapannya dalam pembelajaran di TK/PAUD.
Mata kuliah ini mengantarkan mahasiswa dalam memahami konsep-konsep yang berkenaan dengan penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah, dan pusat.
Mata kuliah ini mengkaji pembelajaran STEAM (Science, Teknologi, Engineering, Art dan Matematic) yang mana konsep utamanya adalah praktek sama pentingnya dengan teori. Melalui mata kuliah ini dapat mengantarkan mahasiswa dalam memahami mengimplementasikan pembelajaran STEAM dengan pendekatan saintifik, mensetting kegiatan serta alat yang lengkap dan bahan main.
Matakuliah ini mengkaji tentang persiapan penyelenggaraan pagelaran karya, faktor-faktor yang menunjang pelaksanaan dan kelancaran pagelaran karya, dan melakukan pagelaran karya.
Menguasai pengetahuan dasar-dasar nilai ke Islaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin, dan mampu menginternalisasikan nilai-nilai hadits dalam kehidupan sehari-hari.
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang teori dan praktik berkomunikasi lisan yang dilakukan di depan publik seperti presentasi ilmiah, pidato formal maupun informal. Materi perkuliahan meliputi identifikasi audiens, merencanakan pesan untuk publik, memahami respon audiens, serta bagaimana melakukan evaluasi hasil. Selain itu perkuliahan juga bertujuan untuk melatih keberanian dan kreativitas berbicara, metode ice breaking, perangkat visual yang dibutuhkan dalam komunikasi publik, bahasa tubuh, serta penggunaan alat bantu sebagai upaya untuk mencapai efektivitas dalam komunikasi publik. |
Mata kuliah ini mengkaji berbagai strategi dalam pengembangan pemasaran produk APE hasil produksi terkait dengan mutu kemasan dan strategi jaringan pendistribusian untuk mencapai target penjualan yang telah ditetapkan oleh produsen.
Semester 8 / Genap
Mata kuliah ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat guna mengiplementasikan pengetahuan yang telah diperoleh selama proses perkuliahan dan dapat membangun kemandirian mahasiswa dalam berinteraksi dengan masyarakat secara langsung. |
Tugas akhir program dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan dalam mengekspresikan pemikiran dalam memecahkan masalah pendidikan secara ilmiah tentang masalah pembelajaran berbagai permasalahan AUD. Untuk itu mahasiswa harus melakukan kaji ulang atas berbagai materi kuliah yang telah dipelajari serta berlatih memecahkan kasus-kasus atau permasalahan pembelajaran dengan perangkat pengetahuan yang telah dimilikinya. Kemampuan mahasiswa akan dinilai melalui hasil pelaporan kegiatan ilmiah dan ujian meja hijau